Rabu, 01 Februari 2012

TEST NEW BLOG

Rabu, 01 Februari 2012

suzuki shogun 125cc

Suzuki Shogun 125, Modal 202 cc Ingin Ngetop!
Suzuki Shogun 125 cc keluaran 2003 Modalnya, 202,4 cc!

Sejatinya, Shogun 125 hanya memiliki isi silinder murni 124 cc. Tapi, ya itu tadi. Demi kejar popularitas, Odink tempuh bore up dan stroke up biar power Shogun miliknya menjadi tercepat di trek malam.

Dalam menukangi pacuannya, Odink menggandeng Rizky Septian. Doi, mekanik Odink yang tak lain adik kandungnya sendiri. “Dari dulu saya dan Rizky memang suka motor kencang. Kita berdua bagaikan dua sejoli. Tapi, soal urusan meracik mesin, adik saya yang lebih paham,” kata Odink lagi.

Lanjut! Volume silinder 202,4 cc atau dibulatkan 202 cc itu, Rizky mengganti piston standar pakai milik Honda Tiger. “Pakai piston oversize 150. Diameter piston jadi 65 mm,” Sahut pemilik bengkel Riz Motor (RM) di Jl. Joglo Raya No. 4, Jakarta Barat itu.

Main piston, dianggap masih kurang. Supaya langkah lebih panjang dan power bawah ikut terdongkrak, Rizky melengserkan setang piston asli. Gantinya, pakai punya Suzuki Smash.

Pergantian setang seher memang enggak bikin naik stroke. Tapi, langkah ini ditempuh agar ketika naik stroke pakai pen stroke 3 mm, tak perlu pakai paking tebal buat ganjal silinder blok dengan crankcase. “Jadi, masih bisa main selembaran,” jelasnya tanpa sebutkan berapa beda panjang setang Shogun dan Smash.

Kenaikan stroke dan bore up yang ditempuh, diikuti penggantian katup di kepala silinder. Klep juga pakai punya Tiger. Diameter payung klep in dibuat 32 mm dan klep ex 28 mm. “Pemakaian klep Tiger ini supaya sesuai dengan piston. Jadi, tidak perlu mencoak bagian seher lagi agar tak mentok klep,” tambahnya.

Agar kompresi makin tinggi, kepala silinder dipapas 0,8 mm. Biar enggak banyak perubahan, kubah ikuti diameter piston. Pekerjaan terakhir yang dilakukan Rizki pada gas buang. Supaya power keluar sempurna, knalpot orisinil diganti model free flow berlabel Joeyo.

Siap pentas nih! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar