Rabu, 01 Februari 2012

HONDA 100CC OVERSIZE

bore up motor 100cc revo, grand, legenda, dll

BORE UP HONDA 100CC (LEGENDA, DLL) 
 Mendongkrak tenaga mesin Honda 100cc itu susah-susah gampang. penyebabnya, jarak keempat baut silinder terlalu dekat dengan liner atau boring. karena terlalu dekat, susah untuk dibore up gede-gedean, itu karena pilihan diameter piston pengganti jadi terbatas.
 kalo enggak tahu cara mengakalinya, memang begitu. tanpa geser baut mesin, paling besar hanya bisa pakai piston 54-55 mm. itu pun, boring sudah tipis dan mesin jadi cepat panas.
 untuk mengakali masalah ini, honda legenda dengan 100cc bisa adopsi piston honda Sonic dengan diameter piston 58 – 60mm.
 yang mesti dilakukan pertama kali adalah bongkar seluruh mesin, artinya bagian crankcase juga ikut dibuka.
 setelah itu, bubut bagian mulut crankcase yang menghadap pantat blok silinder sebanyak 3mm. bagian crankcase tetap kudu dibubut agar boring baru bisa masuk.

 kemudian lanjut ke silinder blok sendiri, sebelum memasang atau menentukan liner piston baru, kudu bilang ke tukang bubut, jelaskan papas bagian blok yang punya jarak renggang dengan baut blok sebanyak 2 mm.
 jika langkah pertama sudah, lanjut membubut bagian blok yang berjarak lebih rapat. minta ke tukang bubut untuk menyamakan diameter agar berbentuk bulat sepenuhnya.

 tapi tukang bubut pasti sudah tahu harus bagaimana selanjutnnya, karena mereka juga biasanya sudah berpengalaman.
 nah… setelah itu baru pasang liner baru dengan diameter 60,5 mm, lalu tinggal pasang piston. mau ukuran 58 atau 60 mm, tinggal tentukan sesuai kebutuhan.
 setelah semua proses diatas dilakukan, sudah tentu kompresi melonjak dan tenaga lebih yahut…, karena kompresi tinggi, maka alangkah baiknya jika menggunakan bahan bakar dengan angka oktan tinggi, untuk menghindari ngelitik karena knocking.
 demikian, silahkan coba. referensi : (motorplus-19/01/08)
 Diposkan oleh  alfikarEarth  di 09:48 0 komentar Kirimkan Ini lewat Email
BlogThis!
Berbagi ke Twitter
Berbagi ke Facebook
 
BORE UP & STROKE UP HONDA SUPRA FIT / LEGENDA
BORE UP & STROKE UP HONDA SUPRA FIT / LEGENDA

Meningkatkan performa motor honda adalah hal paling mengasyikkan, dirubah sedikit saja, tenaga motor dapat terdongkrak secara menakjubkan. Paling mudah dan murah untuk dilakoni adalah meningkatkan kapasitas silindernya. Pada motor Honda Legenda, bila liner masih ingin memanfaatkan bawaan pabrik, maka pilihan penggantian piston dapat diadopsi dari pabrikan Yamaha varian Jupiter-z dengan oversize 50. Kenapa memakai piston ini ? Karena dirasa harga spare part piston yamaha lebih murah, tidak sampai 90,000, ketimbang piston AHM honda legenda. Disamping itu massa pistonnya juga lebih ringan dan kompak. Dari modifikasi ini saja kapasitas silinder sudah meningkat dari 97 cm3 menjadi 103 cc, lumayan lah meningkat 6 cc. Sak crit… tapi berasa kok efeknya, hehehe… Apalagi bila diimbangi dengan penataan deck clearance supaya menjadi 0.5 milimeter tanpa paking cylinder block terpasang, pastinya lebih sedaaappp. Pada level modifikasi ini penyesuaian porting cukup dihaluskan, noken as standard masih bisa diadopsi, terlebih jika noken as dimodifikasi sedikit, wah gigi 3 menembus di 110 kpj bukan hal mustahil. Pemapasan silinder head sebanyak 0.5 milimeter pun tak haram dilakukan asalkan pemilihan bengkel bubut dapat dipercaya.

 Hi - Performance by R.A.T
Merasa kurang gagah dan volume 103 centimeter cubic belum memuaskan hati serta perasaan kamu, langkah lain dapat dilakukan dengan membenamkan piston kawasaki kaze. Pabrikan motor yang sedang naik daun karena di ajang balap sekarang ini ditangani oleh begawan tuning mesin Indonesia, pakde Ibnu Sambodo, memiliki piston legendaris yang seringkali menjadi pilihan instan dan murah untuk meracik ulang peningkatan tenaga mesin 4 tak. Dengan diameter pen piston sama persis, tentu tidak ada kesulitan saat melakukan instalasi. Hanya, perlu diperhatikan liner blok standard harus diganti! Sekalian saja usung liner milik kawasaki kaze / Honda gl-100 agar mesin tetap dingin dan piston awet setelah dilakukan modifikasi. Apakah sampai menggeser baut tanam? Tidak! Praktis bukan?! Tidak ribet, dan mantap jaya. Cukup sedikit mereamer ulang lubang crankcase agar liner yang baru dapat terangkul sempurna di kompartemen mesin. Ini pun perlu dilakukan presisi di mesin bubut, jangan mau dan jangan rela kalau cuma dibesarkan dengan bor tuner, kerapihan sebagian dari iman. Heheheh… Hasilnya, setelah cylinder blok dan head terpasang, mesin tampak ‘baik-baik’ saja. Seperti bagaimana standardnya, aman, rapih. Dengan diameter piston 54 milimeter, tidak riskan kompresi bocor ke baut tanam mesin karena liner masih jauh dari baut tersebut. Kapasitas sekarang sudah terkatrol ke 113 cc!! Hmmm… Terdongkrak 16 cc dari keluaran dealer Honda. Mangstaaabbb!!!


piston jenong pun dapat dipakai

 Klep masih bisa memakai standardnya, noken as wajib diatur ulang durasi dan lifternya mengingat kompresi sudah terdongkrak menjadi kisaran 10,4 : 1, mantap! Sunah nya minum pertamax, tapi minum premium pun masih halal. Derajat cukup dilebarkan 15 – 20 derajat dari standard, dengan lifter cam tak lebih tinggi 1 milimeter dari bawaan standard. Porting tentu harus ditata ulang, bor tuner diperlukan untuk merapihkan geometri porting yang baru untuk melancarkan aliran udara yang mengasupi silinder dengan kantong lebih besar tersebut. Knalpot disarankan untuk diganti dengan yang lebih los, atau free flow agar gas sisa pembakaran terbuang sempurna semua, sehingga gas segar kala masuk tidak mengalami dilusi. Disini mulai diperlukan otak pengapian ditingkatkan agar frekwensi aliran pengapian lebih kuat, serta pemajuan timing diperlukan membakar habis semua campuran udara/bahan-bakar yang masuk. Rasakan keistimewaan torsi yang melimpah mulai putaran bawah, terus melonjak naik  ke tengah, dan nafas di putaran atas tiada habisnya. Karburator dapat diaplikasi dengan Honda Win. Tertarik dengan modifikasinya ? Langsung aja samperin ke R.A.T Garage yang berada di ring road bandara internasional juanda untuk modifikasi mesin motor kamu.
 Habis sudah trik nya? Belum… Kali ini merambah ke komponen yang lebih serius. Modifikasi kruk as! Untuk mendongkrak lagi kapasitas silinder honda supra fit / Legenda ini bisa diakali dengan stroke up, alias memperlebar gerak piston saat mengayun dari TMA ke TMB. Dalam bahasa kerennya kita mengatakannya sebagai, Jack Up crankshaft, memodifikasi lubang big end kruk as sehingga posisi big end bergeser lebih naik sejauh 2 milimeter, sehingga piston saat TMA posisinya lebih tinggi 2 milimeter, dan saat TMB posisinya lebih turun 2 milimeter, total langkah piston bertambah 4 milimeter!! Mengapa tidak mengandalkan pen stroker? Seringkali pemasangan pen stroker riskan terjadi kesalahan dalam membalans ulang — tidak center ( karena bentuk big end yang tidak lagi bulat melainkan menonjol disatu sisi) bisa saja piston lebih mengarah naik / turun- tidak lurus bertolak belakang gaya normal. Hal ini dapat berakibat fatal hingga menyebakan kegagalan kinerja kruk as dan menyebabkan kruk as melintir, dan piston menggaruk dinding liner, kerusakan pada mesin 4 tak tidak hanya 1 part, selalu menimbulkan efek domino yang menyebabkan kerusakan part lainnya. Menyeramkan?! Ya itu resiko modifikasi, namun dengan perhitungan dan konsep matang semua resiko dapat diminimalisir.
 Stroke yang lebih tinggi digabungkan dengan dimensi piston lebih besar seperti sekarang memakai Kawasaki Kaze, volume silindernya menyentuh angka 122 CC. Wow! Asupan silindernya melonjak 25 cc dibanding standard, dalam prosentase sudah menyentuh peningkatan 26 %, lumayan untuk berharap terjadinya penambahan tenaga instan 20 % lebih besar dari standard!! Torsi? Dipastikan naik berlipat, namun tak mengorbankan salah satu putaran mesin, perbaikan torsi dan tenaga di putaran bawah – menengah ini menjadikan mesin memproduksi tenaga secara merata karena desain sekarang mendekati Square dimana diameter bore 54 milimeter diayun dengan stroke 53.5 milimeter.


balancing kruk as

 Langkah jack up harus dan wajib dilakukan oleh ahli yang berpengalaman demi menemukan titik kesetimbangan sebagaimana para insinyur jepang mengatur counter balance kruk as. Mengembalikan karakter motor Honda yang kuat di Torsi. Trik nya, adalah mengganti connecting rod dari generasi mesin c-100 sebelumnya, yaitu Honda GRAND. Selain dirasa material bahan lebih kuat, panjang keseluruhan setang piston milik grand lebih pendek 2 milimeter. Inilah yang dapat menyamarkan penampakan mesin honda Legenda 125 cc dengan tampak luar standard, manis, baik-baik, rapih tanpa paking blok alumunium, tanpa pengelasan untuk menggeser baut. Tanpa banyak papasan pada silinder head maupun blok, atau ganjalan paking alumunium, menjadikan keregangan rantai keteng tetap sesuai aslinya, tidak terlalu kendur maupun ketat, sesuai perhitungan beban gesek bawaan standard pabrikan honda, mesin tetap halus dan awet pastinya. Detail seperti ini diperlukan dalam membentuk pola modifikasi agar kesempurnaan dan kepuasan hasil modifikasi dapat diapresisasi sebagai sebuah karya seni ilmiah dengan cita rasa tinggi.
 Pada level pejuang modifikasi sejati seperti sekarang, penggantian part pendukung mutlak perlu agar apa yang dipikirkan mekanik tidak mubadzir sia-sia. Pilihan pengkabut bahan bakar dapat diimpor dari Thailand, karburator keihin dengan skep bulat diameter 24 milimeter, lebih mudah dalam pensetingan dan skep bulat biasanya memberi nafas putaran menengah dan atas lebih kuat. Knalpot dengan leher diameter 25 milimeter, dirasa mampu menadahi porting buang yang dibesarkan mendekati paking knalpot nya. Diameter porting inlet di area sekitaran bushing klep perlu diperlebar hingga 24 milimeter menyamai venturi karburator. Klep masih dapat mengandalkan standardnya, diameter 23 milimeter, namun angkatan klep wajib dipertinggi hingga menggapai 6.5 milimeter untuk peningkatan efisiensi volumetrik. Overlaping klep tidak perlu tinggi, cukup main di kisaran 1.5 milimeter agar kevakuman dalam silinder tidak terlalu berjelaga dan menjadikan mesin “malas” berakselerasi. Penentuan titik klep inlet menutup harus diatur ulang menyesuaikan sudut piston dan stroke yang baru dibuat. Penyesuaian paling penting yang tak boleh dilupakan adalah desain ulang kubah ruang bakar, combustion chamber, dimana minimal kompresi 11 : 1 sudah tertembus, maka sudut squish yang dilebarkan mendekati diameter piston adalah hal bijak agar pemfokusan bahan – bakar terkompresi sempurna di ruang bakar, serta pergerakan rambatan api dari percikan busi tidak terhalangi kubah, disisi lain squish ini juga membantu proses pendinginan pada ruang bakar.
 Tidak perlu terlalu ribet dan berangan tinggi hingga merubah baut tanam demi membenamkan piston besar, selama efisiensi volumetrik kita lebih bagus dan desain mesin lebih kompak, bukan tidak mungkin performa legenda 125 cc ini mampu mengasapi banyak motor dengan kapasitas yang bahkan jauh diatasnya.
 Tetap SEHAT! Tetap SEMANGAT! Biar Bisa Modifikasi Mesin Tiap Hari!

57 komentar:

  1. mas mau tanya nih kalo liner buat kaze nya tuh berapa harganya yah mas ? kebetulan saya pake supra fit new pengen ganti sehe sama kaze

    BalasHapus
  2. bisa di coba tuhh bor upannya....
    http://camperduk93.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Mas.. Kalo motor saya pake piston kaze os 75 bagus ga? Temen saya yang nawarin , kebetulan motor saya honda supra

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bagus...tpi crankshaftnya aku dibubut supaya liner buring bisa masuk...kalo tidak dibubut y bisa masuk tpi liner trlalu tipis dan tidak utk harian atau balap

      Hapus
    2. Ya bagus...tpi crankshaftnya aku dibubut supaya liner buring bisa masuk...kalo tidak dibubut y bisa masuk tpi liner trlalu tipis dan tidak utk harian atau balap

      Hapus
    3. Ya bagus...tpi crankshaftnya aku dibubut supaya liner buring bisa masuk...kalo tidak dibubut y bisa masuk tpi liner trlalu tipis dan tidak utk harian atau balap

      Hapus
    4. Om sy pake head piston kaze ov50 kolter 53mm + noken racing naik brp cc?

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang saya mau naikkin krta supra saya 3 mili, bisah apa nggak bang,??

      Hapus
    2. Naikin aja mas... Gk ada yang larang :v

      Hapus
  5. Gan. Apakah masuk supra lawas pake kas ravo dan pake piston jup z . stang piston ttap supra?
    Saya lg bingung bore up yng ini.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Mz mtrku grand pke piston kaze os 50 karbu jupie guek sm manipolnya kalo mw ganti blok mesin sm boring cocokny pke blok mesin apa ya soalnya mesinku cpt panas n oli mesin cpt habis

    BalasHapus
  8. ass mas, saya mau rubah motor legenda. pistonya mau pake kwasaki blitz joy bisa gak, bagus mana dengan piston kaze mas. lalu bagus gak kalo dipake untuk stelan gunung,.
    trmkash mass. salam sejahtera

    BalasHapus
  9. Ms kloq usung linerny d gnti tiger baut blok ea d geser gk....
    Hhon jwbny

    BalasHapus
  10. Mas. Saya Ada kendala di Kruk as bebek revo 2008. Stang Kruk as sebelah kiri kegesek Sama laher nanasnya mengakibatkan baret Dan bunyi gesekan kasar. Mohon pencerahannya mas Klo saya ganti as kruknya, dg as kruk motor apa yang Cocok? Dan Klo dibubut aman atau nga ya?

    BalasHapus
  11. mantaaaaap!! makasih bos ilmunya.

    BalasHapus
  12. mantaaaaap!! makasih bos ilmunya.

    BalasHapus
  13. mo tanya kalo motor absolute revo standr pakai opersaes seher kaje apakah ada kejadian patal.... minta sosusi agar motor enak dan tanpa kendala jika pakai seher kaje.

    BalasHapus
  14. om saya mau tanya kondisi motor saya turun mesin.kondisi piston udah os100kira kira masih bisa di os lagi gk terus pake seher apa

    BalasHapus
  15. 100cc pada honda supra x pake kj 100 jadi berapa cc?

    BalasHapus
  16. Bang Kalo Boringan Karisma Di Pake Ke Revo Masuk Kagak

    BalasHapus
  17. Mas kalo mau modifikasi seperti yg dijelaskan di atas biayanya berapa motor saya revo awal 2008?
    Terimakasih...

    BalasHapus
  18. Om nanya nih.punya saya pengen pake seher sonic dan klep sonic ,gimana ya cara enaknya biar aman?

    BalasHapus
  19. Ass, bang ini gwa mau nanya. Ini kn gwa punya motor grand, nah ini pngen gwa gedein sehernya. Tapi biar gak ngrubah krekes itu pake seher apa ya? Tolong infonya ya baang 😁

    BalasHapus
  20. Mas kalo blok grand pasang piston kz itu musti tanam botol apa nggak y mas?

    BalasHapus
  21. punyak saya honda grand pakek piston kaze over 100,klep masih pakek grand... ada perubahan ngak bang,...

    BalasHapus
  22. Saya mau nanya .saya mau ganti liner.diameter liner 56 mm sepaket sm pistonnya,...tapi ukuran panjang linernya brapa ya...maksudnya,apakah bisa besarin diameter liner tapi ukuran panjang liner sama sperti orinya

    BalasHapus
  23. Saya mau nanya.tolong bngt yg bisa jawab tolong dijawab.saya mau ganti liner yg diameter luar 56mm.part motor apa yaaa

    BalasHapus
  24. Supra X 100, biar jadi 125cc dengan modal kecil bagaimana caranya mas, mohon d bantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti piston sama naik pen aja mas itu habis 700 an

      Hapus
  25. Bang...klo mau ganti piston oversize 100 itu boring.nya cuma di bubut apa di ganti ???

    BalasHapus
  26. Ass.bang saya mau tanya .klo piston uk 56 kruk as harus di ganti apa nggak?

    BalasHapus
  27. Mass saya kan mau boaring kalo standart supra fit new di masukan piston kharisma oversis 50 bgs ga mas? tambah ga tenaganya mas?

    BalasHapus
  28. Mau nanya mas saya paket Honda grand oversize 200 kira² apa yg diubah lagi? Dan karbunya yg paling pas pake apa makasih

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Mas klo honda supra fit new udh oversise 100 bgusnya pakai oli apa??

    BalasHapus
  31. Bang kalo supra x100 mau ganti piston kaze oversize 100 ukuran 53,4 mm linerna dibubut atau harus di ganti mohon infonya.🙏

    BalasHapus
  32. Mas kalo supra fit new saya,saya kasih seher jupiter jenong ov200 diameter (52mm) itu masih enak apa nggak ya mass?

    BalasHapus
  33. mau tanya legendaQ lebih enak pkai piston jupiter atau kharisma sih,,, rencana masih bingung antara jupiter ma kharisma soale

    BalasHapus
  34. Bang sya ada block honda grand mau sya ganti liner punya karisma.. yg harus di sesuaikan apanya aj y bang?..
    Kan panjang liner grand 98 sedangkan liner karisma panjangnya 105mm.. tolong jawab bang.. terimakasih

    BalasHapus
  35. Mas kalau blok grand pakai piston jupiter ov100 aman gak ya mas,mohon di jawab mas

    BalasHapus
  36. Mas jika astrea grand memakai piston jupiter z os 50, cc nya maka jadi brpa mas?

    BalasHapus
  37. Mass mau nnya mau bore up harian honda revo 100 kira² nyampek brapa?

    BalasHapus
  38. Bang kalo grand os 0 naik ke piston os 200 jadi berapa cc ya.??
    Piston tetep pake Honda grand

    BalasHapus
  39. mau nanya kalo Supra x lama mau oversize 125 bisa gk

    BalasHapus
  40. Mau tanya para suhu diameter crankaceas legenda berapa mm ya mohon bantuannya

    BalasHapus